Alat Bantu Untuk Service Tv

Dalam melakukan perbaikan peralatan elektronika dibutuhkan alat dan pengetahuan dasar, tetapi dalam artikel ini hanya membahas tentang alat yang dapat membantu seorang tehknisi dalam melakukan pekerjaannya.

Kelebihan dari alat ini adalah bisa secara langsung pada pcb tanpa harus melepas komponen yang akan ditest. Dengan begitu akan memudahkan anda dalam mengecek kerusakan pada komponen elektronika dengan lebih mudah dan dalam waktu yang cukup singkat.

Alat ini dapat dibuat sendiri dengan biaya yang murah dan mudah dalam merakitnya (terlebih bagi anda seorang tehknisi elektronika). Dengan adanya alat ini sangat membantu sekali karena mempunyai kelebihan-kelebihan yang tidak terdapat pada avo-meter.

Karena sangat membantu dalam melakukan pekerjaan dalam memperbaiki peralatan elektronika (khususnya pesawat televisi) maka disebutlah Alat Bantu Untuk Service Tv

Dan alat inipun sudah banyak dijual, ada yang sudah pabrikan dan ada juga yang dibuat oleh perorangan (dari para senior dibidangnya). Tapi admin menyarankan untuk membuatnya sendiri.

Bagaimana cara membuat dan mengkalibrasi alat yang telah dibuat? berikut adalah alat bantu yang pertama :

Tester Elko (in-pcb)

Skema Esr Meter

skema esr meter

ESR atau (Equivalent Series Resistance) adalah sebuah parameter lainnya dari sebuah elco yang mempunyai parameter seperti tegangan kerja, nilai kapasitas dan temperatur.

Esr Meter merupakan tool yang wajib dimiliki oleh setiap teknisi setelah multi-tester. Kenapa dikatakan wajib? karena mempunyai beberapa kelebihan yang dapat memudahkan seorang tehknisi dalam melakukan perbaikan alat-alat elektronik.

Beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut :

  • Melacak elko rusak lebih cepat karena tidak perlu melepas elko (dalam-sirkuit) satu persatu.
  • Dapat digunakan untuk memeriksa kualitas elko baru maupun bekas. Hal ini sangat menguntungkan untuk memanfaat elko bekas.
  • Dapat digunakan untuk memeriksa flyback yang short pada gulungan bagian primer (antara pin-B+ dengan pin-Kolektor transistor horizontal output).
  • Dapat digunakan dalam mengecek def yoke yang short, dan juga bagian primer tranfo power supply yang short.
  • Bagi yang belum memiliki tool ini, lihat gambar rangkaian Esr Meter diatas dan rakitlah sendiri. Dan dengan biaya yang cukup mudah dan murah, kalau (dilihat dari manfaat alat tersebut).

Kenapa dikatakan mudah? kita hanya merakit saja dari skema yang telah dibuat oleh seorang amatir dari Canada Lawrence P Glaister VE7IT - http://www.members.shaw.ca/swstuff/esrmeter.html

Alat Esr Meter inipun hanya terdapat beberapa bagian rangkaian saja didalam sirkit tersebut dan bisa dirakit dengan pcb titik ic juga dengan jumlah komponen yang sedikit.

Berikut bagian didalam sirkit esr meter:

  • Osilator pembangkit frekwensi sekitar 150Khz menggunakan sebuah sirkit Schmit triger
  • Bufer atau penguat arus terdiri dari beberapa sirkit Schmit triger yang diparalel.
  • Transistor penguat frekwensi 150Khz
  • Sirkit diode bridge sebagai penyearah frekwensi 150Khz Analog meter.

Lebih hebatnya lagi dapat dijadikan satu dengan multi-tester, seperti pada gambar dibawah ini :

Bentuk Jadi Esr Meter

model esr meter

Gambar diatas adalah bentuk jadi dari esr meter yang telah menjadi satu dengan multi tester dan fungsi dari multi tester itu sendiri masih berfungsi normal.

Deskripsi dari modif yang admin lakukan adalah : battery hp 2buah tegangan kerja 4,2volt, relay omron kecil 2buah tegangan kerja 12volt, rangkaian esr meter, dan 1buah saklar juga konektor untuk melakukan charger.

Catatan :

  • Esr meter ini tidak dapat untuk mengecek kerusakan pada elco yang short.
  • Tidak dapat memeriksa kerusakan pada elco yang putus (seperti kaki elco putus.
  • Keakuratan alat hanya dapat digunakan pada ukuran elco dari 0,47µf keatas.

Setelah rangkaian selesai dirakit ada tahap lain sebelum digunakan yakni kalibrasi (baca perlahan dan berulang dibagian ini).

Bagaimana cara kalibrasi esr meter? ikuti cara dibawah ini :

  • Siapkan 10 buah resistor dengan nilai tahanan 1Ω yang dirangkai secara serie.
  • Siapkan juga esr meter yang selesai dibuat tadi dengan meter yang telah dibuka bagian penutupnya (untuk memberikan tanda nilai Ω atau ohm).
  • Pertamakali hubungkan kedua titik test pada esr meter dan atur trimpot sampai kearah paling kanan pada meter. (usahakan gunakan meter bekas vu meter tape recorder jadul atau cari vu meter dengan skala miliampere).
  • Setelah titik 0Ω didapat maka langkah berikutnya adalah mengukur resistor yang diserie tadi bertahap (ukur pada tiap titik sambungan); dari nilai 1Ω, 2Ω, 3Ω sampai 10Ω dan beri tanda pada tiap titik yang diukur dengan angka 1 hingga 10.
  • Apabila menggunakan meter pada multi tester Masda langsung dapat dilihat pada skala x1Ω (hanya kalibrasi ke 0Ω saja), berbeda pada pemakaian meter yang lain dan harus melakukan kalibrasi juga pemberian tanda untuk setiap nilainya.

Setelah semua tahapan dalam merakit esr meter telah selesai hingga kalibrasi, maka alat telah siap untuk digunakan mengecek kerusakan elco (in-circuit).

Bagi tehknisi pemula anda dapat melihat catatan dibawah ini :

  1. Kapasitas elco (0,1µf - 0,33µf) nilai esr yang baik max 10Ω.
  2. (0,47µf - 0,68µf) nilai esr max 5Ω.
  3. (1µf - 4,7µf) nilai esr baiknya di angka max 1Ω.
  4. (10µf - 47µf) esr baiknya bernilai 0,1 - 0,5Ω max.
  5. (100µf - 330µf) max nilai esr yang baik adalah 0,01Ω.
  6. (470µf keatas) untuk esr baiknya pada 0Ω.

Dengan alat yang satu ini yang disebut dengan Esr Meter dapat memudahkan juga mempersingkat waktu dalam perbaikan yang anda lakukan. Sekarang dilanjutkan pada alat bantu yang kedua :

Tester Flyback Tv

Skema Lopt Fbt

skema lopt fbt

Lopt Fbt atau dapat dinamakan ringing test (karena sesuai dengan prinsip kerjanya). Lopt Fbt (Line-output Flyback transformer) adalah sebuah alat untuk mengecek kerusakan pada alat elektronika yang berupa gulungan.

Flyback tester kit buatan Dick Smith dari Electronics Australia ini dapat kita buat sendiri, karena partsnya mudah didapat dan banyak tersedia dipasaran, Dan alat inipun dapat dinilai wajib dimiliki oleh seorang tehknisi, jika dilihat dari kelebihannya.

Dan kelebihan dari lopt fbt itu sendiri adalah :

  • Untuk test trafo fbt yang short dibagian pin B+ yang berhubungan dengan kolektor transistor horizontal out.
  • Dapat untuk mengecek tranfo switching power supply dan def yoke.
  • Kelebihan lain dari alat ini dibanding alat test flyback lain adalah dapat digunakan langsung tanpa melepas flyback dari mainboard.

Alat Lopt Fbt ini dapat dijadikan sebagai alat bantu tambahan bagi seorang tehknisi elektronika setelah multi-tester dan esr-rmeter. Dalam hal membuat lopt fbt sama mudahnya seperti merakit esr-meter. Bagi anda yang ingin mencoba membuatnya dapat melihat skema diatas.

Kenapa dapat dikatakan mudah? karena hanya ada dua bagian penting didalam sirkit lopt fbt dan 8 buah led. Dan dua bagian tersebut adalah :

  • Low Frequency Oscilator sebagai pembangkit frekwensi rendah.
  • Pembanding amplitudo yang akan menghitung juga menampilkan banyaknya ringing (getaran) yang akan ditampilkan hasilnya dengan 8 buah led.

Bentuk Jadi Lopt Fbt

model lopt fbt

Gambar diatas adalah bentuk jadi dari Lopt Fbt, dimana terlihat ada dua bagian yang dapat dipisahkan (sebelah kiri adalah lopt fbt dan sebelah kanan sebagai sumber tegangannya). Yang terhubung oleh socket dan jack usb.

Lopt fbt yang dibuat oleh admin blog ini sengaja dibuat menjadi dua bagian terpisah, pada bagian sumber tegangan hanya berisi dua buah battery hp (dengan maksud dapat di charger kembali) dan ic regulator 7805 (difungsikan sebagai regulator dengan output 5volt sebagai charger hp).

Catatan :

  • Fbt tester ini tidak dapat mengecek kerusakan flyback yang bocor.
  • Tidak dapat memeriksa kerusakan fbt yang lain seperti kerusakan dibagian focus, screen dan dioda Hv.

Bagi pembaca yang sudah selesai merakit fbt tester ini, alangkah baiknya mengkalibrasi alat ini sebelum anda gunakan dengan cara yang cukup sederhana.

Bagaimana mengkalibrasi lopt fbt? ikuti saja cara dibawah ini :

  • Hidupkan power fbt tester tersebut dan lihat led pertama harus menyala dan 7 led yang lain mati.
  • Hubungkan kedua titik test lopt fbt dan led pertama tadi harus mati.
  • Siapkan def yoke tv yang masih baik lalu hubungkan kedua kabel test :
    1. dibagian horizontal 6 - 7 led menyala.
    2. dibagian vertikal 3 sampai 4 led hidup.

Kalibrasi telah selesai dilakukan sesuai dengan poin-poin diatas, maka alat lopt fbt telah siap digunakan untuk mengecek baik atau tidak kondisi dari sebuah fbt. Walaupun disaat ini zamannya tv lcd dan led tanpa penggunaan fbt, tapi alat ini masih berguna dalam pengecekan pada trafo switching.

Dengan adanya alat bantu yang dinamakan Lopt Fbt ini, insyaallah dapat meminimalkan kita dari keraguan saat mencurigai fbt mengalami masalah atau kerusakan.

4 Responses to "Alat Bantu Untuk Service Tv"

  1. bisa pesan alat tes fbt nya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bs gan,lwt tokoped ato bukalapak dh bnyk yg jual alat tes fbt

      Hapus
  2. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus