Modifikasi Bushings Pada Kipas Angin

Pada kesempatan ini admin bagikan pengalaman dan cara modifikasi bushings pada kipas angin. Sebelum dijelaskan tahapannya, ada sedikit pengalaman pribadi yang mengawali modifikasi ini dilakukan.

Modifikasi ini berawal dari pengalaman pribadi, dirumah ada buah dua kipas angin yakni merk A dan B. Dimana kipas angin A rusak tidak berputar karena macet pada bagian as dengan bushingnya yang ditandai warna hitam dan cokelat, tapi masih terdengar suara berdengung pada bagian kumparannya. Itu tanda dari kumparan kipas angin A masih berfungsi.

Kipas yang satu ini sering mengalami kejadian tersebut, umur pemakaian antara 3bulan hingga 6bulan sudah macet lagi. Berbeda pada kipas angin B tidak ada masalah sedikitpun walau hidup nonstop selama 3tahun, dan hanya mati saat mati lampu atau membersihkan dari debu juga kotoran yang menempel.

Akhirnya rasa penasaran pun timbul, sampai akhirnya saya membukanya dan ternyata hanya ada perbedaan dibagian bushingsnya saja. Kipas B ini menggunakan bearings, dengan melihat perbedaan ketahanan dalam lama pemakaian dapat saya simpulkan bahwa bearings lebih baik digunakan pada kipas angin.

Dan bearings mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya:

  • mengurangi gesekan, panas dan aus
  • menjaga toleransi kekencangan
  • mengurangi biaya opersional dan masih banyak lagi kelebihan lainnya.

Sekarang admin bagikan tahapannya berikut gambar, sebelum memulai pengerjaan dalam modifikasi. Persiapkan lebih dahulu alat dan bahan yang digunakan nantinya. Anda dapat melihat gambar dibawah ini, dimulai dari sisi kiri :

alat dan bahan

Lem korea, lem campur dextone, dua buah bearings dengan no 608 dan has yang masih bagus, jangan lupa obeng juga tang. Setelah semua alat dan bahan tersedia, barulah anda lepaskan dimulai dengan membuka penutup baling - baling, hingga pada bagian kumparannya terlepas dari kedudukan atau badan kipas.

Kumparan telah lepas dari kedudukannya, dilanjutkan membuka bagian kumparan kipas hingga semua isi dalamnya terlepas satu persatu. (didalamnya terdapat beberapa bagian seperti terlihat pada gambar dibawah ini)

bagian kipas

Semua bagian dalam pada kipas angin telah terlepas menjadi beberapa bagian, selanjutnya membersihkan semua bagian tersebut. Selesai itu ambil dua buah rumah kumparan kipas untuk melepaskan bushings dari tempatnya.

Setelah bushings terlepas bersihkan permukaan tempat bushings tersebut dengan tiner hingga bersih. Jika sudah benar - benar bersih, sekarang kita lanjutkan untuk modifikasi bearings pada kipas angin

Bagi yang ingin mencoba modifikasi kipas angin, admin sudah buat tahapannya dibawah ini :

  1. Pertama
    tahap 1
    Lihat gambar diatas letakkan has tepat ditengah - tegah dibagian rumah kumparan kipas. Setelah has berada tepat dibagian tengah, ambil bearings dan masukkan kedalam has seperti terlihat pada gambar dibawah.
  2. Kedua
    tahap 2
    Bearings sudah berada pada tempatnya, lalu lem dibagian bawah bearings tersebut dengan lem korea atau lem yang sejenis. Lakukan perlahan saja (dikit demi sedikit hingga rata di sekelilingnya).
  3. Ketiga
    tahap 3
    Setelah lem kering, keluarkan hasnya dan dilanjut dengan mengerjakan bagian yang satunya lagi dengan cara yang sama. Apabila kedua bagian rumah kumparan telah terpasang bearings, sekarang lanjutkan ketahap berikutnya.
  4. Keempat
    tahap 4
    Tahap berikut ini adalah untuk menguatkan kedudukan bearings pada rumah kumparan. Pada gambar diatas admin menggunakan bahan dari abu rokok, atau dapat juga memakai pasir (kering). Jangan lupa pada bagian yang satunya juga sama.
  5. Kelima
    tahap 5
    Sekarang melanjutkan tahapan berikutnya, dan dalam tahap ini masih dalam hal penguatan kedudukan bearings agar lebh kuat lagi menempel pada rumah kumparan. Pada gambar diatas admin menggunakan lem campur Dexton.
  6. Keenam
    tahap 6
    Setelah semua tahap dilakukan, pasang kembali kumparan kipas, has pada rumah kumparan yang telah dipasangkan bearings. (teteskan sedikit lem korea pada has seperti yang terlihat pada gambar diatas)

Catatan :Dalam meneteskan lem korea ini untuk merekatkan bagian has dengan bagian dalam bearings, yang berfungsi untuk menjaga agar has tidak berputar melainkan bagian dalam bearings yang berputar.

Pada tahapan terakhir tersebut dapat anda lewati (apabila kondisi has masih baik atau belum aus). Dan terutama untuk anda yang baru pertamakali melakukan modifikasi bushings pada kipas angin.

5 Responses to "Modifikasi Bushings Pada Kipas Angin"