Merawat Kipas Angin Agar Tahan Lama

motor kipas

Bagaimana merawat kipas angin agar tahan lebih lama? caranya cukup mudah, berikut ini ada beberapa tips yang dapat admin bagikan:

  1. Selalu membersihkan bagian luar dan bagian dalam kipas angin, bagian has dan bushings yang utama. (bersihkan semua kotoran seperti debu yang mengeras dan rambut yang melilit pada has),
  2. Setiap 3 - 6bulan sekali memberikan pelumas pada tempat bushings, bukan pada has-nya. (lebih baik lagi tiap 3bulan sekali anda berikan pelumas), lihat gambar dan perhatikan ada lubang kecil.
    rumah kumparan1

  3. Jangan terlalu sering mengaktifkan dibagian yang dapat membuat baling - baling menengok kiri dan kanan. (untuk kipas yang masih menggunakan gearbox, kecuali yang sudah menggunakan motor penggerak sendiri).

Cara diatas dapat dilakukan oleh anda yang tidak punya keahlian dibidang kelistrikan. Hanya perlu ketelitian, kesabaran dan kemauan juga sedikit pengetahuan saja tentang kelistrikan.

Apabila anda tidak ingin tiap 1bulan atau 3bulan sekali untuk membersihkan dan melumasi kipas angin. Admin bagikan tips dalam membersihkan juga memberi pelumas pada saat yang dibutuhkan saja.

Maksudnya sampai baling - baling kipas tidak berputar lagi, tapi motor penggerak tetap aman (tidak terbakarnya gulungan atau kumparan pada bagian motor penggerak).

Bagaimana cara merawat kipas angin yang aman dan hanya pada waktu tertentu saja? caranya juga mudah yaitu menggunakan thermostat dan dengan mengikuti tahap pemasangannya berikut ini :

thermo pada kipas

Anda dapat melihat penempatan thermostat pada gambar diatas, dan cara pemasangannya sangat mudah hanya dengan menggunakan pengikat kabel.

Untuk cara penyambungan thermostat dengan melakukan pemutusan satu buah kabel Input 220volt AC yang berhubungan langsung ke kumparan kipas. Dan ingat bukan pada kabel yang melewati saklar kecepatan 1, 2, dan 3. Bagi sesama rekan teknisi pastinya sudah paham bagaimana memilih kabel yang saya maksud.

Setelah kabel yang dimaksud tadi terputus menjadi dua bagian, anda dapat menyambungkan dua bagian kabel tersebut ke dua buah kaki thermostat. Dan batas suhu maximal thermostat yang dianjurkan adalah 82derajat, hal ini untuk mencegah kumparan pada kipas mengalami panas berlebih yang nantinya dapat berakibat terbakarnya kumparan kipas.

Dengan adanya modifikasi diatas tadi, kipas angin anda lebih mudah dalam segi perawatan juga keamanan kumparan karena apabila terjadi panas berlebih thermostat akan memutus aliran listrik yang masuk ke kumparan kipas dengan ditandai oleh baling - baling kipas berhenti putarannya. Itu menandakan kipas ada masalah dan anda harus segera melakukan perbaikan.

Hal yang sering kali terjadi adalah pada has yang berputar dengan bushings mengalami macet akibat kotoran. Cukup anda bersihkan saja apabila has dan bushings masih bagus pada bagian permukaannya, kecuali kalau dua bagian tadi sudah mengalami aus karena gesekan. Maka anda harus menggantinya dengan yang baru.

Bagi anda yang tidak punya waktu untuk melakukan pekerjaan diatas, admin menyarankan untuk membeli kipas angin yang berkualitas. Bicara kualitas pastinya barang dengan merk dagang yang sudah ternama dan juga harga lebih mahal.

Tapi masih ada pilihan lain sebelum anda memutuskan untuk membeli kipas angin yang berkualitas dengan acuan diatas tadi. Dan pilihan admin disini adalah kipas angin yang berkualitas dengan harga murah.

Bagaimana cara mendapatkan kipas angin yang berkualitas dengan harga murah? ada dua cara yang dapat anda lakukan :

  1. Pertama: cari kipas angin yang bagian has-nya menggunakan bearings, (seperti kipas outdoor pada AC)

  2. Kedua: lakukan modifikasi kipas pada bagian bushings (cara ini khusus bagi tekhnisi)

Dan saran admin untuk anda yang belum mengerti tentang kelistrikan, lebih baik menyerahkan pekerjaan tersebut pada ahlinya atau tips yang mudah untuk dilakukan.

Dan bagi yang sudah mengerti (khususnya tekhnisi) dapat mengikuti semua cara diatas. Sampai disini dahulu sobat akhir dari artikel mengenai Merawat kipas angin agar tahan lama

2 Responses to "Merawat Kipas Angin Agar Tahan Lama"