Membuat Lampu Hemat Listrik

led bdcklight1

Untuk artikel cara membuat lampu hemat listrik sebenarnya sudah banyak sekali bertebaran di google. Tapi dari banyaknya cara dan rangkaian yang dibagikan masih belum dapat menghemat listrik, terlebih lagi untuk membuat lampu yang berdaya diatas 5watt.

Mengapa saya katakan belum dapat menghemat listrik? karena untuk lampu led rakitan yang berdaya 10watt saja, konsumsi daya yang dipakai tidak berbeda jauh bahkan bisa sama seperti anda menggunakan lampu CFL 18watt. (kecuali menggunakan penurun tegangan yang sesuai, hasilnya benar - benar hemat)

Bagaimana cara membuat lampu hemat listrik? caranya menggunakan lampu LED dan rangkaian penurun tegangan yang sesuai. Maksud dari penurun tegangan atau adapter yang sesuai adalah menggunakan seperti charger hp zaman sekarang yang menggunakan cara kerja SMPS atau PWM.

Singkat saja maksud dari SMPS (Switch Mode Power Supply) atau sering disebut juga sistem PWM (Pulse Width Modulator), mengolah tegangan DC dengan menyearahkan AC pada tegangan jala 220 Volt.

Berikut ini cara untuk membuat lampu hemat listrik :

  1. Adapter 1 buah
    adapter 12v 1a
    Adapter atau penurun tegangan dengan output 12Volt 1Ampere. Untuk yang bekeja sebagai tekhnisi dapat menggunakan power supply bekas dvd yang ada tegangan output 12Volt.
  2. Led backlight 1 strip
    led backlight2
    Siapkan Led backlght 1 strip apa saja dan dibagi menjadi dua bagian, admin menggunakan led backlight sharp dengan jumlah 12led. (tiap led mempunyai tegangan max 7,2V)
  3. Merakit lampu hemat listrik
    led backlight3
    Hubungkan output dari adapter ke strip led yang sudah anda rangkai. (hubungkan positif pada bagian jalur pcb yang lebar atau pada titik TP, min pada jalur yang kecil).
  4. Test lampu hemat listrik
    led backlight4

    Lihat gambar pada jarum ampere meter hanya bergerak sedikit diatas angka nol. Untuk perbesar ketuk gambar (ampere meter sudah dimodifikasi dari arus max 5A menjadi 500mA).
  5. Perbandingan Led Rakitan dengan lampu Philips 7watt.
    led backlight5
    Dan hasilnya anda dapat lihat pada gambar diatas, kiri lampu rakitan (kebiruan) dan kanan lampu philips 7watt (putih).

Pada tahapan no:3 dalam merakit lampu hemat listrik harus disesuaikan dari tegangan kerja led yang digunakan dengan adapter yang dipakai. Disini admin merangkai serie tiap 2buah led karena 1led bekerja pada tegangan max 7,2V. (7,2volt x 2 = 14,4Volt).

Karena 1strip terdapat 12led, berarti ada 6buah rangkaian serie dan dan dipararel menjadi menjadi satu dari 6buah rangkaian serie tersebut. Jika adapter yang digunakan mempunyai tegangan output 14V, maka lampu dapat menghasilkan cahaya lebih terang lagi.

Sobat bloggers dapat melakukan test dengan beberapa rangkaian penurun tegangan yang pernah atau yang sedang digunakan saat ini dengan menggunakan adapter yang admin sarankan. Ukur saja konsumsi daya pada rangkaian yang ditest dengan alat ukur ampere meter.

Bagi yang merasa kesulitan dalam merakit rangkaian diatas, anda dapat bertanya langsung pada admin blog ini. Saran saya untuk anda agar memilih lampu penerangan led yang hemat dengan cermat, apabila sudah yakin silahkan membelinya secara online ataupun ditoko listrik.

Apakah rangkaian yang pernah anda buat sudah berhasil dalam membuat lampu hemat listrik.

1 Response to "Membuat Lampu Hemat Listrik"