Lampu Penerangan LED Yang Hemat

Apa yang dapat kita lakukan untuk menyikapi naiknya tarif dasar listrik? Salah satunya (paling mudah)yang dapat kita lakukan adalah menggunakan lampu penerangan LED.

Bagaimana cara memilih lampu penerangan LED yang hemat? caranya adalah memilih lampu led yang dapat menghasilkan cahaya terang tapi dengan konsumsi daya atau watt yang rendah. (watt adalah jumlah energi yang diserap atau dikonsumsi dalam sebuah rangkaian)

Rumus umum yang digunakan untuk menghitung daya listrik dalam rangkaian listrik adalah :
P = V x I
Dimana :

  1. P = Daya Listrik dengan satuan Watt (W)
  2. V = Tegangan Listrik dengan satuan Volt (V)
  3. I = Arus Listrik dengan satuan Ampere (A)

Jadi semakin tinggi nilai Watt-nya maka semakin tinggi pula daya listrik yang diserap atau dikonsumsinya. Dengan besarnya daya listrik yang dikonsumsi, maka besar pula biaya yang kita keluarkan.

Kali ini saya bagikan beberapa gambar untuk acuan anda dalam memilih lampu led yang hemat, dan perhatikan pada bagian ampere meter juga cahayanya pada gambar berikut ini:

  1. Lampu CFL 18watt (bagus)
    lampu tl18watt
  2. Lampu LED 7watt (bagus)
    lampu led7watt
  3. Lampu LED 3watt (biasa)
    lampu led3watt
  4. Lampu LED 1,5watt (rakitan)
    lampu ledb3watt

Untuk lampu led 1,5watt rakitan, admin menggunakan lampu led yang biasa digunakan untuk lampu backlight pada televisi led (menggunakan 2buah led). Dan rangkaian penurun tegangan yang digunakan adalah bekas charger hp yang sudah disesuaikan tegangan outputnya.

Mengapa saya tidak menggunakan rangkaian penurun tegangan yang biasa saja, karena apabila kita menggunakan rangkaian seperti yang banyak bertebaran di google ini masih kurang efektif dalam penghematan. Terlebih lagi untuk membuat lampu led dengan daya 5watt keatas. (lihat pada gambar lampu led 3watt yang menggunakan rangkaian biasa)

Anda dapat buktikan sendiri dengan ampere meter sebagai alat untuk mengukur arus yang ada dalam sebuah rangkaian. Admin menggunakan ampere meter dengan arus maximal 5A dan sudah diubah hingga arus maximal 500mA.

Kalau anda perhatikan jarum ampere meter pada gambar pertama terlihat tepat diangka satu, berbeda dengan gambar kedua jarum ampere meter menunjuk sedikit diatas angka nol. (lihat cahayanya)

Pada gambar ketiga dan keempat anda dapat melihat dari penunjukan jarum ampere meter juga cahaya yang dihasilkan berbeda. Perhatikan lebih jelas lagi dengan mengetuk dibagian gambar untuk memperbesar.

Lihat pada gambar lampu led 7watt dengan led 3watt, disana terlihat arus yang lebih kecil dan cahaya yang cukup terang jatuh pada lampu led 7watt. Dari perbedaan ini saja anda sudah dapat memastikan untuk memilih lampu penerangan led yang hemat.

1 Response to "Lampu Penerangan LED Yang Hemat"