Merawat Mesin Cuci Agar Tahan Lama

mesin cuci

Dari sekian banyaknya jenis dan merk dari mesin cuci, tapi kegunaannya tetap sama yakni untuk membersihkan pakaian. Begitu juga dalam hal perawatan tidak jauh berbeda antara mesin cuci 1-tabung dengan 2-tabung, hanya pengoperasiannya saja yang berbeda.

Kali ini saya sebagai admin diblog ini membagikan tips secara umum tentang bagaimana cara merawat mesin cuci agar tahan lama. Dan yang terpenting adalah mudah dan dapat dilakukan oleh para ibu rumah tangga sekalipun.

Rusaknya mesin cuci dapat dikarenakan dari cara penempatan, penggunaan dan kurangnya perawatan terhadap mesin cuci. Berikut ini tips yang bisa anda lakukan pada mesin cuci agar tahan lama :

Penempatan Mesin Cuci :

  1. Letakkan mesin cuci pada tempat yang kering (tidak lembab dan tidak terkena cahaya matahari langsung).
  2. Permukaan untuk meletakkan mesin cuci harus datar kalau pun bagian lantai ditambahkan benda agar lebih tinggi (yang terpenting tidak miring dan goyang).
  3. Lihat dimana anda meletakkan mesin cuci (letakkan selang pembuangan air pada permukaan yang datar dan dekat dengan saluran air).

Penggunaan Mesin Cuci :

  1. Menggunakan mesin cuci sudah pasti butuh listrik, dan gunakan stop kontak yang masih bagus (saat jack listrik mesin cuci dicolokkan tidak longgar).
  2. Untuk tegangan listrik pada tiap - tiap tempat pasti berbeda dan gunakan mesin cuci pada tegangan 220volt ac, (gunakan AVR atau Automatic Voltage Regulator, apabila tegangan listrik ditempat tinggal anda dibawah 200volt ac).
  3. Gunakanlah mesin cuci sesuai dengan buku petunjuk pengoperasian atau penggunaan yang terdapat pada saat kita membelinya.
    Contoh : Kapasitas maximum mesin cuci 7kg berarti kapasitas 7kg untuk pakaian basah dan kapasitas pakaian keringnya adalah 5kg, (bagi yang tidak memiliki buku petunjuk tersebut anda cukup mengikuti tips yang admin berikan).

Perawatan Mesin Cuci :

  1. Merawat mesin cuci itu mudah, apabila anda sudah benar dalam penempatan dan penggunaan mesin cuci sudah termasuk menjaga mesin cuci jauh dari kerusakan.
  2. Selalu membersihkan mesin cuci dari sisa - sisa detergen yang ada cukup dengan air bersih. (tidak perlu lagi dengan detergen yang ada pengharumnya untuk membersihkan mesin cuci).
  3. Selalu perhatikan jika terdengar ada suara - suara aneh pada saat mesin cuci dioperasikan, air yang selalu surut atau berkurang bahkan sampai habis saat melakukan pencucian (jangan pernah menggantung selang pembuangan saat terjadi hal tersebut).
    Catatan :Dalam tahap inilah anda harus memanggil tehknisi untuk memeriksa atau memperbaiki mesin cuci anda. Agar mesin cuci tidak mengalami kerusakan yang lebih parah lagi.

Dari semua tips yang admin bagikan dari hal penempatan, penggunaan dan perawatan mesin cuci sudah pasti ada maksud dan tujuannya. Tapi tidak dijelaskan dalam artikel ini, dan tips diatas tadi berlaku umtuk semua jenis mesin cuci (1-tabung dan 2-tabung).

Penting :

Pada mesin cuci 1-tabung; usahakan air yang masuk ke tabung mesin cuci dengan tekanan air yang cukup kuat. Sedangkan untuk mesin cuci 2-tabung; jangan mengoperasikan pencuci dan pengering dilakukan secara bersamaan. Ada hal yang terlihat sepele tapi dapat berakibat buruk, yakni memeriksa benda - benda yang tertinggal dipakaian seperti peniti, uang logam dan lain - lain.
Dengan mengikuti beberapa tips diatas berarti anda sudah merawat mesin cuci agar tahan lama.

3 Responses to "Merawat Mesin Cuci Agar Tahan Lama"

  1. Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

    Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
    -Situs Aman dan Terpercaya.
    - Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
    - Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
    - Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
    - Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
    -Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
    - 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

    8 Permainan Dalam 1 ID :
    Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

    Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
    BBM: 2AD05265
    WA: +855968010699
    Skype: smsqqcom@gmail.com

    BalasHapus