Widget User Online Terbaik

imagesfhs

Artikel ini dibuat berawal dari pengalaman saya dalam mengatasi kecepatan loading blog ini di PageSpeed Insights dan GTmetrix. Ternyata yang paling besar mempengaruhi kecepatan loading blog ini adalah pemasangan Histats counters, selain histats saya juga mencoba dari Whos Amung Us counter dan hasilnya masih sama (tapi tidak terlampau besar dibandingkan dengan Histats)

Dari kedua layanan tersebut saya lakukan percobaan dengan cara memisahkan scriptnya (external script digoogle drive), Setelah dilakukan test kembali pada PageSpeed Insights dan GTmetrix ternyata masih terdapat laporan dibagian Leverage browser caching (ada perubahan yang baik walaupun sedikit pada kecepatan loading blog ini). Cara yang terbaik untuk mengatasi hal tersebut adalah menggunakan file .htacces

Karena dalam mengelola blog ini ataupun melakukan googling, dimana 95% saya menggunakan hp java. Jadi untuk menggunakan file .htacces saya tunda dahulu, mau tidak mau harus berusaha untuk menemukan layanan yang cocok (yang tidak mempengaruhi kecepatan loading sebuah blog) untuk dapat digunakan pada blog saya dan khususnya bagi bloggers yang sampai saat ini masih menggunakan hp java.

Fungsi utama histats ataupun whos amung us adalah memantau jumlah pengunjung yang datang ke blog kita, selain itu pada histats juga menampilkan berapa jumlah halaman (page view) dan lainnya. Begitu juga pada pokok pembahasan kali ini mengenai widget user online terbaik yang mempunyai fungsi yang sama pada umumnya (yaitu untuk memantau jumlah pengunjung pada sebuah blog ataupun website).

Sebelum anda menggunakan layanan ini, ada baiknya mengetahui apa saja yang dapat digunakan untuk kebutuhan blog anda. Jika menurut anda cukup baik dan sangat berguna, silahkan anda coba layanan yang satu ini. Berikut ini beberapa layanan dan scripts yang dapat anda gunakan:

Tracking Scripts

  1. Online Users Counter
  2. Text Hit Counter
  3. Graphic Hit Counter
  4. Tumblr Counter / Tracker
Simple Scripts
  1. Display Ip
  2. Display Browser Info
  3. Display Date
  4. Animated Clocks
  5. Count Down
  6. Interesting Facts
  7. Block User IP's
  8. Web Translator

Dari beberapa layanan dan scripts diatas tadi saya hanya menggunakan dua layanan yakni Online Users Counter dan Text Hit Counter.

Online Users Counter

  • Total Current countries visitors
  • Total Current visitors default language
  • Total Current browsers visitors
  • Total Current OS visitors
  • Total Current visitors time duration
  • Total Current visitors screen resolutions
  • Total Current pages visitors
  • Total Where is my traffic coming from? Current referrers
Text Hit Counter
  • page views
  • Today page views
  • unique views

Setelah anda yakin untuk menggunakannya silahkan anda ikuti langkah pemasangan berikut ini.

Cara memasang widget user online diblogspot:
Pertamakali anda

fhslogo1
masuk
dan pilih layanan yang akan digunakan, kemudian pilih tombol Generate the html code. Setelah kode didapat sekarang buka tab baru dibrowser anda lalu masuk ke Blogger, pilih tata letak kemudian tambahkan gadget HTML/Javascript. Kolom gadget telah terbuka dan masukkan kode dengan cara Copy paste code yang didapat tadi.

Sekarang anda sudah dapat mengetahui berapa jumlah pengunjung yang datang diblog kita. Kelebihan layanan dari freehostedscripts.net adalah tidak mempengaruhi kecepatan loading pada sebuah blog ataupun website. Karena hal itulah artikel ini saya beri judul Widget User Online Terbaik

1 Response to "Widget User Online Terbaik"